Sebuah website membutuhkan hosting sebagai media penyimpanan semua file dan data website sehingga dapat diakses oleh banyak orang melalui internet. File dan data website tersebut bisa berupa video, gambar, email, script, aplikasi, dan database.

Tanpa adanya hosting, tentu saja Anda tak bisa membuat website.  Itulah kenapa, Anda perlu menyewa layanan host kepada pihak ketiga terlebih dulu untuk membuat website.

Manfaat Hosting

Banyak manfaat yang ditawarkan hosting, selain kecepatan akses, praktis dan mudah dalam penggunaannya, host juga menawarkan banyak manfaat, termasuk data website yang tersimpan juga relatif aman karena dikelola dalam server milik pengelola jasa penyedia host.

Jenis-jenis Hosting

Terdapat beragam jenis hosting berbasis web yang bisa Anda gunakan sebagai media penyimpanan berbagai jenis dokumen seperti artikel, foto, video maupun hasil desain sesuai dengan website yang anda kelola.

Berikut beberapa jenis hosting yang bisa kamu manfaatkan untuk kebutuhan pengelolaan website:

Shared Hosting

Host ini cukup populer dan paling banyak digunakan oleh berbagai webmaster untuk berbagai kebutuhan penyimpanan data web. Banyak penyedia jasa host yang amat menyarankan penggunaan host jenis ini termasuk untuk pemula sekalipun.

Shared hos memang dianggap sudah sangat ideal digunakan untuk sebuah website yang masih baru dan tidak memiliki terlalu banyak traffic. Harganya pun cukup murah sehingga tidak akan berat di kantong.

Namun, sesuai dengan namanya, shared host memang bersifat umum atau publik, sehingga jasa pengelola hossting memang membagi pemanfaatan host kepada pengguna lainnya.

Cloud Based Hosting

Teknologi penyimpanan data web berbasis cloud host ini memang menjadi salah satu metode penyimpanan yang terbilang baru. Keunggulannya adalah adalah memungkinkan ratusan server bekerja bersama hingga terlihat seperti satu server raksasa.

Keunggulan dari host ini adalah minimnya resiko kemungkinan terjadinya downtime. Bahkan, saat server sedang bermasalah maka tidak akan berpengaruh pada website yang kamu kelola.

VPS Host

Virtual Private Server (VPS) adalah jenis layanan host pengguna mendapatkan space server yang dedicated. Jadi, saat ada peningkatan traffic yang tinggi di website lain yang masih satu server maka tidak akan berdampak pada website yang kamu kelola, karena server yang kamu gunakan melalui jasa pihak penyedia host atau pihak ketiga dilakukan secara personal.

Konsep pengelolaan Virtual Private Server ini juga sepenuhnya diserahkan kepada pengguna layanan host ini sehingga tak perlu merasa khawatir jika sewaktu-waktu mengalami lonjakan trafik dalam hal kunjungan website baik secara harian maupun bulanan yang tinggi karena, layanan host ini tak membatasi angka kunjungan website maupun dibatasi melalui kuota khusus dalam penggunaan hostnya.

WordPress Hosting

WordPress hosting adalah jenis lain dari shared hosting yang dikelola oleh CMS paling populer di dunia yakni; WordPress. Host ini memang didedikasikan khusus untuk pengelola website berbasis platform wordpress ini.

Banyak keunggulan yang ditawarkan oleh wordpress pada hostnya, mulai dari proses instalasi platform WordPress untuk membantu melindungi website dari ancaman keamanan peretas serta kemudahan proses update dan panel yang ramah.

Selain itu, terdapat fitur lain pada wordpress host ini yakni sudah dilengkapi dengan fitur multibahasa sehingga memudahkan bagi para pengguna yang masih awam sekalipun. Oleh karena itu, host yang disediakan oleh wordpress ini sudah sangat ideal untuk berbagai kebutuhan pengguna maupun pengembang website, karena platform ini selain menyediakan layanan host yang terjangkau juga memiliki layanan lain seperti ketersediaan plugin yang menunjang kinerja sebuah website hingga tema-tema website agar tampilan web terlihat lebih menarik dan ramah pengguna.

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.